NAMA :ANAS FATHIN
KELAS DAN NPM : 3EA06 / 10211698
SEGMENTASI PASAR
BAB 1
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Dalam hal ini strategi pemasaran mempunyai peranan yang
sangat penting untuk kemajuan perusahaan/ produsen dalam bidang pemasaran
khususnya. Strategi pemasaran yang diterpakan harus ditinjau dan dikembangkan
sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut.Pentingnya
segmentasi pasar bagi perusahan/ produsen disebabkan antara lain karena
segmentasi memungkinkan perusahaan lebih terfokus dalam mengalokasikan sumber
daya,segmentasi merupakan basis untuk menentukan komponen-komponen
strategi,taktik dan value secara keseluruhan, dan juga segmentasi merupakan
faktor kunci untuk mengalahkan pesaing.Dengan adanya hal ini, maka perusahaan/
produsen terbantu mengidentifikasi peluang pasar dengan lebih baik dan perusahaan
mampu mengembangkan produk dengan tepat bagi setiap target pasar.
B.
TUJUAN SEGMENTASI PASAR
·
Memudahkan pembedaan pasar
·
Perbaikan pelayanan
·
Strategi yang lebih terarah
BAB 2
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN
SEGMENTASI PASAR
Segmentasi
pasar dapat di definisikan sebagai proses membagi pasar menjadi bagian-bagian
konsumen yang khas yang memiliki kebutuhan yang sama dan kemudian memilih satu
atau lebih segmen yang akan dijadikan sasaran.Menurut Hermawan Kartajaya dkk
(2003) dalam bukunya Rethinking Marketing segmentasi berarti melihat pasar
secara kreatif . Segmentasi merupakan seni mengidentifikasikan serta
memanfaatkan peluang-peluang yang muncul dipasar.Berdasarkan pengertian diatas
dapat disimpulkan bahwa segmentasi memiliki peranan yang sangat penting dalam
suatu usaha.
B.
FAKTOR PENETAPAN
Dalam penetapan segmentasi pasar, terdapat
beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu:
Dasar–dasar
segmentasi pasar pada pasar konsumen
- Variabel geografi
Variabel tersebut, antara
lain: wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim.
- Variabel demografi
Variabel tersebut, antara
lain: umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dll.
- Variabel psikologis
Variabel tersebut, antara
lain: kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian.
Variabel tersebut, antara
lain: manfaat yang dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan
dan sikap pada produk.Dasar–dasar segmentasi pada pasar industri
- Tahap 1, yaitu menetapkan segmentasi makro, yakni pasar pemakai akhir, lokasi geografis, dan banyaknya langganan.
- Tahap 2, yaitu sikap terhadap penjual, ciri–ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan.
C.
SYARAT
Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif,
yaitu:
- Dapat diukur
- Dapat dicapai
- Cukup besar atau cukup menguntungkan
- Dapat dibedakan
- Dapat dilaksanakan
D.
TINGAKAT
Pembelian mempunyai kebutuhan dan keinginan
yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi pasar yang terpisah. Oleh karena
itu segmentasi pasar dapat dibangun pada beberapa tingkat yang berbeda.
- Pemasaran massal
Pemasaran massal berfokus
pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk
yang sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen.
- Pemasaran segmen
Pemasaran segmen menyadari
bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian.
- Pemasaran ceruk
Pemasaran ceruk (marketing
niche) berfokus pada sub-group di dalam segmen-segmen. Suatu ceruk
adalah suatu grup yang didefiniskan dengan lebih sempit.
- Pemasaran mikro
Praktik penyesuaian produk
dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu.
Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran individu.
E.
MANFAAT
Manfaat dari segmentasi pasar adalah:
- Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan-kesempatan pemasaran.
- Penjual atau produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada berbagai segmen.
- Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan daya tarik pemasarannya
BAB 3
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Kesimpulanya adalah
setiap produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan sangat memerlukan
segmentasi, yang dimana perusahaan tersebut dapat menemukan jangakaun keuntungan atas produk dan
jasa yang dihasilkan oleh setiap perusahaan. Dengan tingkat permintaan konsumen
atas produk dan jasa tersebut.
B. SARAN
Saranya adalah agar
setiap perusahaan dapat memberikan sesuatu yang berbeda dan mampu memberikan
inovasi dalam membentuk suatu produk dan jasa.
http://id.wikipedia.org/wiki/Segmentasi_pasar
0 Responses:
Posting Komentar